Perkuat Eksistensi, KAMMI Adakan Festival Anak Sholeh (FAS)

Gambar

Semarang, KAMMI Walisongo online-Tidak seperti hari-hari biasanya, pada sore itu didapati banyak anak-anak warga desa Ringinwok telah berkumpul dan memadati ruangan kesekretariatan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Walisongo Semarang. Setidaknya selama tiga hari berturut-turut, tepatnya dimulai pada hari sabtu (13/07) hingga senin (15/07) para aktivis KAMMI menyelenggarakan special event ramadhan berupa Festival Anak Sholeh (FAS) di sekitar wilayah dusun Ringinwok.

Agenda FAS yang merupakan program kerja dari divisi Sosial Masyarakat (Sosmas) tersebut sengaja diselenggarakan di tengah wilayah kantor kesekretariatan agar para kader-kader KAMMI bisa semakin dekat dan mengenal lebih jauh para warga sekitar, khusunya para anak-anak. Selain itu, hal ini bertujuan agar kebermanfaatan dari eksistensi KAMMI bisa benar-benar dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar. Terbukti dari pelaksanaan hari pertama hingga hari ketiga antusiasme anak-anak sangat tinggi, bahkan tak kalah hebatnya seorang anak kecil yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK-A) turut serta meramaikan agenda tersebut. Dalam FAS tersebut ada tiga agenda utama yang secara berturut-turut dilaksanakan selama tiga hari. Pertama: di hari sabtu agenda berupa pesantren kilat untuk anak-anak. Kedua: pada hari ahad, difokuskan pada pelaksanaan lomba-lomba FAS. Ketiga: pada hari senin merupakan agenda purna, yaitu berupa tausiyah ramadhan dan buka puasa bersama anak-anak sekaligus diisi dengan pembagian hadiah bagi para juara lomba.

Di hari kedua, tepatnya pada ahad (14/07) diselenggarakannya berbagai lomba untuk anak-anak. Setidaknya ada lima cabang lomba yang diujikan kepada mereka. Di antaranya lomba adzan, lomba lari hijaiyah, lomba hafalan surat-surat pendek dan do’a harian, lomba ranking satu, dan lomba cipta puisi.Para peserta lomba totalnya berjumlah 33 anak, terdiri dari siswa Taman Kanak-kanak (TK), Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Sekolah Mengah Pertama (SMP). Kemudian di hari ketiga pasca pemberian tausiyah ramadhan oleh Ust. Muhammad Taufiq dengan tema “Alqur’an sebagai Sahabatku”, bertempat di sekretariat KAMMI para pemenang lomba diumumkan kepada mereka. Dimulai dari cabang lomba adzan juara I diraih oleh Gomo, siswa MI kelas enam, juara II diaraih oleh Faisal, siswa kelasempat MI, dan juara III diperoleh Iqbal, siswa kelas lima MI. Kemudian di cabang lomba lari hijaiyah untuk kategori siswa kelas 1-3 MI, di mana juara I diraih oleh Azwa, siswi kelas dua MI, dan juara II daraih oleh Hilda, siswi kelas dua MI. Sedangkan untuk kategori siswa kelas 4-6 MI, di mana juara I diraih oleh Eva, siswi kelas lima MI, dan juara juara II diraih oleh Irfan, siswi kelas II MI.Selanjutnya di cabang lomba hafalan surat-surat pendek dan do’a sehari-hariuntuk kategori kelas 1-3 MI, di mana juara I diraih oleh Rafi, siswa kelas tiga MI, juara II diraih oleh Hilda, siswi kelas dua MI, dan juara III diraih oleh Satrio, siswa kelas tiga MI. Sedangkan untuk kategori siswa kelas 4-6 MI, di mana juara I diraih oleh Dafa, siswa kelas empat MI, juara II diraih oleh Hanin, siswi kelas enam MI, dan juara III diaraih oleh Irfan, siswa kelas lima MI. Selain itu, untuk siswa kategori SMP, di mana juara I diraih oleh Fita, siswi kelas dua SMP, juara II diaraih oleh Riska, siswi kelas tiga SMP, dan juara III diraih oleh Preti, siswi kelas tiga SMP. Kemudian pemenang pada cabang lomba puisi untuk kategori MI diraih oleh Hanin, siswi kelas enam MI, sedangkan untuk kategori SMP diraih oleh Alde Fita, siswi kelas dua SMP. Dan pemenang pada cabang lomba yang terakhir adalah ranking satu, di mana dari sekian 12 peserta yang mengikuti lomba ini, akhirnya yang lolos untuk mendapatkan gelar ranking satu adalah Rahma, siswi kelas lima MI.

Tidak hanya sampai disitu, dalam upaya memberikan apresiasi bagi para peserta yang turut berpartisi dan aktif, oleh para panitia mereka juga diberikan hadiah. Di mana untuk kategori peserta teraktif diaraih oleh Raihan, siswa kelas lima MI, kategori peserta terfavorit diraih oleh Zaki, siswa kelas satu MI, dan peserta terunik dan termuda diraih oleh Fabrin, siswa TK-A.Usai pembacaan juara dan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Tampak dari raut wajah mereka pancaran keceriaan yang menandakan bahwa spesial event ramadhan yang diselenggarakan oleh KAMMI pada tahun ini benar-benar menjadikan ruang di hati anak-anak warga dusun Ringinwok. (purwo/staff Humas KAMMI Walisongo)

Pos ini dipublikasikan di Departemen Hubungan Masyarakat. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s